Intan, Kevin Azaria (2019) MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.
Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version Download (863kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (428kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (409kB) |
Abstract
Penelitian inibertujuanuntuk mengetahui dan menganalisa motif kognitif dan motif afektif penggunaan media sosial Instagram di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Buddhi Dharma. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 5 orang mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Buddhi Dharma yang dipilih secara purposif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipatif, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis data interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Motif kognitif penggunaan Instagram di kalangan mahasiswa menunjukan adanya pemenuhan kebutuhan informasi berasal dari pertukaran informasi (sharing) yang menjadi sisi menarik Instagram, adanya kebutuhan mencapai tingkat ideasional dengan melakukan penyortiran konten sehingga apa yang ditampilkan merupakan pencitraan ideal serta mencapai tingkat emosional sebagai upaya mencari perhatian sekaligus memenuhi kesenangan emosional. 2) Motif afektif penggunaan media sosial Instagram ditunjukan melalui keinginan memperoleh pengalaman baru berdasarkan konten orang lain, keinginan mendapatkan respon pada konten yang diunggah, keinginan akan pengakuan atas image pemilik akun sehingga mendorong realitas semu, serta keinginan akan rasa aman berupa perasaan tenang ketika menggunakan Instagram.
Actions (login required)
View Item |