MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA

Intan, Kevin Azaria (2019) MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version

Download (863kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (409kB)

Abstract

Penelitian inibertujuanuntuk mengetahui dan menganalisa motif kognitif dan motif afektif penggunaan media sosial Instagram di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Buddhi Dharma. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 5 orang mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Buddhi Dharma yang dipilih secara purposif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipatif, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis data interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Motif kognitif penggunaan Instagram di kalangan mahasiswa menunjukan adanya pemenuhan kebutuhan informasi berasal dari pertukaran informasi (sharing) yang menjadi sisi menarik Instagram, adanya kebutuhan mencapai tingkat ideasional dengan melakukan penyortiran konten sehingga apa yang ditampilkan merupakan pencitraan ideal serta mencapai tingkat emosional sebagai upaya mencari perhatian sekaligus memenuhi kesenangan emosional. 2) Motif afektif penggunaan media sosial Instagram ditunjukan melalui keinginan memperoleh pengalaman baru berdasarkan konten orang lain, keinginan mendapatkan respon pada konten yang diunggah, keinginan akan pengakuan atas image pemilik akun sehingga mendorong realitas semu, serta keinginan akan rasa aman berupa perasaan tenang ketika menggunakan Instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motif, media sosial, Instagram, teori uses and gratification.
Subjects: 000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.242 Kode Bar > 006.3 Kecerdasan Buatan > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.3 Kecerdasan Buatan > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media

300 Ilmu Sosial > 300.285 Analisa Data di Bidang Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 300.6 Organisasi dan Manajemen di Bidang Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 300.72 Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.015195 Sosiometri
300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.072 Metode Riset Penelitian Interaksi Sosial
300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
300 Ilmu Sosial > 378 Pendidikan Tinggi, Unversitas
Divisions: Fakultas Sosial & Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1458 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2023 09:56
Last Modified: 17 Mar 2023 09:56
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/1736

Actions (login required)

View Item View Item