PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. TRIMITRA BANGUN SELARAS

Gatama, Halim (2021) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. TRIMITRA BANGUN SELARAS. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf - Published Version

Download (857kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (719kB)

Abstract

Dalam berbisnis kepuasan pelanggan berperan penting dalam perusahaan. Pelanggan akan tercipta dari seorang konsumen yang terpuaskan dalam bertransaksi sehingga melakukan pembelian ulang dan menginformasikan kepada orang lain terhadap pengalamannya. Ada beberapa faktor yang menimbulkan kepuasan pelanggan seperti kualitas produk dan harga, selain itu banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada produk PT. Trimitra Bangun Selaras. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas produk dan harga, sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan skala likert sehingga penulis mengajukan pertanyaan dalam bentuk pernyataan melalui kuesioner sebanyak 30 pernyataan yang terdiri dari 3 variabel dan masing-masing variabel terdiri dari 10 pernyataan. Hasil dari jawaban kuesioner kemudian diolah dalam aplikasi SPSS versi 26. Hasil dari analisa regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 4.182 + 0,347X1 + 0,548X2 artinya apabila terdapat peningkatan atau penurunan sebesar 1 poin, maka kepuasan pelanggan akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,347 dan 0,548. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh pengaruh antara variabel X1 dengan Y secara parsial membandingkan thitung 17,827 > ttabel 1,66071 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dan variabel X2 dengan Y secara parsial membandingkan thitung 20,086 > ttabel 1,66071 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Hal ini artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan pengaruh antara variabel X1 dan X2 dengan Y secara simultan memberikan hasil perbandingan Fhitung 235,507 > Ftabel 3,09 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Hasil ini berarti terdapat pengaruh antara kualitas produk dan harga secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Trimitra Bangun Selaras.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.56 Manajemen Analisa Produk
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Rohman Syaifudin
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:14
Last Modified: 02 Feb 2023 04:14
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item View Item