PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. SATYARAYA KERAMINDOINDAH

Diaspora, Crystin (2020) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. SATYARAYA KERAMINDOINDAH. Bachelor thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
Skripsi Full Word.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lembar pengesahan dll.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini adalah bertujuan untuk mengetahui seberapa pentingnya pengaruh kualitas produk dan customer relationship management yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Satyaraya Keramindoindah. Untuk mengukur ada tidaknnya pengaruh kualitas produk, customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Satyaraya Keramindoindah, maka penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan analisis dan hasil analisa dapat di rincikan sebagai berikut : Dari hasil analisa regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 11,479 + 0,448 X1 +0,302 X2 dimana artinya pada saat pengaruh kualitas produk (variabel X1) terjadi peningkatan atau penurunan 1 poin maka loyalitas pelanggan (variabel Y) akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,448.Pada saat customer relationship management (variabel X2) terjadi peningkatan atau penurunan 1 poin maka Loyalitas Pelanggan (variabel Y) akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,302. Dari hasil analisa pengaruh kualitas produk dan customer relationship management yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Satyaraya Keramindoindah diketahui bahwa kualitas produk mempunyai korelasi yang positif dan kuat terhadap loyalitas pelanggan yaitu sebesar 0,903, customer relationship management mempunyai korelasi yang positif dan kuat terhadap loyalitas pelanggan yaitu sebesar 0,866. Hasil koefisien determinasi antara pengaruh kualitas produk mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 41,3% dan sisanya sebesar 58,7% dipengaruhi oleh faktor lain, customer relationship management mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 44,6% dan sisanya sebesar 54,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh dari F hitung untuk kualitas produksebesar 69,033 dengan F tabel 3,09, untuk F hitung customer relationship management sebesar 39,052 dengan F tabel 3,09 yang diperoleh dari tabel distribusi. Dengan demikian, Ho ditolak pada tingkat kesalahan 5% dan Ha diterima pada tingkat keyakinan 95% karena F hitung lebih besar dari pada F tabel. Artinya terdapat pengaruh secara simultan antara kualitas produk, customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Satyaraya Keramindoindah. Berdasarkan hasil uji hipotesis t hitung untuk kualitas produk sebesar 3,740, diperoleh, di peroleh t hitung untuk customer relationship management sebesar 2,395, dimana untuk t tabel sebesar 1,984 yang diperoleh dari tabel distribusi t untuk kebebasan (degree of freedom (df)) 100-2 = 98 dan level signifikasn = 0,5 (t hitung > t tabel), berati Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan antara kualitas produk dan customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Satyaraya Keramindoindah. Kata Kunci : kualitas produk, customer relationship management dan loyalitas

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.56 Manajemen Analisa Produk
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.02 Manajemen Perusahaan
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Iskandar Iskandar
Date Deposited: 28 Aug 2020 03:18
Last Modified: 01 Mar 2023 03:07
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item