PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE GENIORA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN OLEH GURU DAN SISWA DI SEKOLAH DASAR (STUDY KASUS SEKOLAH KRISTEN KETAPANG 1 JAKARTA)

Maraluntika, Stefani Yelsie (2021) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE GENIORA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN OLEH GURU DAN SISWA DI SEKOLAH DASAR (STUDY KASUS SEKOLAH KRISTEN KETAPANG 1 JAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version

Download (775kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan saat ini sudah tidak hanya mengandalkan buku sebagai media pembelajarannya, para guru dan siswa sudah mulai memanfaatkan media social sebagai media ajar dan media pembelajaran. Saat ini Youtube dianggap mempermudah para guru dan siswa dalam proses belajar mengajar karena Youtube merupakan salah satu media social yang menampilkan audio visual dalam mejelaskan sebuah materi. Geniora menjadi salah satu channel Youtube yang dimanfaatkan oleh para guru dan siswa untuk media pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah mengenai bagaimana Geniora memanfaatkan Youtube sebagai media pembelajaran untuk para penggunanya, bagaimana dampak yang ditimbulkan dari pemanfaatan Youtube sebagai sumber belajar pengguna Geniora, apa saja faktor pendorong Geniora menggunakan Youtube sebagai media pembelajaran, apa saja manfaat Youtube Geniora sebagai media pembelajaran oleh para pengguna. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Uses and Gratification. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa para guru dan siswa menggunakan Youtube Geniora sebagai media pembelajaran karena materi yang di sampaikan mudah di mengerti, belajar melalui Youtube juga memiliki kelebihan terutama dari segi ruang dan waktu, karena dapat diakses kapan saja, di mana saja, serta videonya tidak memiliki batasan waktu dan dapat ditonton berulang kali, menarik karena penjelasan videonya menggunakan animasi bergambar, juga dapat membantu menambahkan materi yang akan disampaikan oleh guru kepada muridnya. Selain itu para narasumber memiliki kepuasan tersendiri ketika mereka memanfaatkan sosial media Youtube Geniora sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Youtube, Media Pembelajaran, Teori Uses and Gratification.
Subjects: 000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.242 Kode Bar > 006.3 Kecerdasan Buatan > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.3 Kecerdasan Buatan > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media

300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.015195 Sosiometri
300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.072 Metode Riset Penelitian Interaksi Sosial
300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.23 Komunikasi Media, Media Massa
300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan/Edukasi
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.02 Sekolah Swasta
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.07 Sekolah Keagamaan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar
Divisions: Fakultas Sosial & Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1458 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2023 12:23
Last Modified: 20 Mar 2023 12:23
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/1753

Actions (login required)

View Item View Item