PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KEPUASAAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PADA PT PRAPAT TUNGGAL CIPTA)

Suhendra, Roeisse (2024) PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KEPUASAAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PADA PT PRAPAT TUNGGAL CIPTA). Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
cover-bab3.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5-lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel harga, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan berpengaruh secara parsial dan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Prapat Tunggal Cipta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan penyebaran kuesioner, sampel secara acak kepada 100 responden. Analisis data yang digunakan yaitu uji data penelitian (uji validitas, uji reliabilitas), uji model statistic (uji korelasi berganda, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji asumsi klasik), dan uji hipotesis (uji t, uji F). Hasil secara parsial nilai korelasi variabel harga (X1) 0,433 menunjukan hubungan yang cukup kuat, variabel kualitas produk (X2) 0,685 menunjukan hubungan yang kuat, variabel kepuasan pelanggan (X3) 0,820 menunjukan hubungan yang sangat kuat terhadap loyalitas pelanggan. Hasil pengujian hipotesis dari variabel harga (X1) memberikan pengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung > ttabel 4,142 > 1,98472 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, variabel kualitas produk (X2) memberikan pengaruh secara positif dan signifikan dengan nilai thitung > ttabel 6,977 > 1,98472 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, variabel kepuasan pelanggan (X3) memberikan pengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung > ttabel 9,710 > 1,98472 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan nilai koefisien determinasi (R2) dengan nilai adjusted R Square menunjukan angka sebesar 0,793 yang artinya bahwa besarnya pengaruh harga (X1), kualitas produk (X2), dan kepuasan pelanggan (X3) terhadap loyalitas pelanggan (Y) adalah sebesar 79,3% dan sisanya 20,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hasil pengujian secara simultan variabel harga (X1), kualitas produk (X2), dan kepuasan pelanggan (X3) terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan nilai Fhitung > Ftabel 127,463 > 2,7 dengan tingkat signifikansi probabilitas selbesar 0,000 < 0,05 maka disimpulkan bahwa variabel independent berpengaruh terhadap variabel dependen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.83 Riset Penelitian Pemasaran > 658.83 Analisis Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.56 Manajemen Analisa Produk
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.82 Promosi Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.80072 Statistik Pemasaran
Divisions: Fakultas Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Mayang Farha
Date Deposited: 17 Apr 2025 04:45
Last Modified: 17 Apr 2025 04:45
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2462

Actions (login required)

View Item View Item