STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN ONLINE BLUE LANE COFFEE ALAM SUTERA TANGERANG

Rustandy, Marcelinus (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN ONLINE BLUE LANE COFFEE ALAM SUTERA TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version

Download (929kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan Blue Lane Coffee. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah bagaimana strategi pemasaran digital yang digunakan untuk meningkatkan penjualan online Blue Lane Coffee. Dalam perihal ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teori bauran pemasaran Kotler (4P). Subjek penelitiannya adalah Blue Lane Coffee, dan objeknya adalah social media yang digunakan Blue Lane Coffee yaitu Instagram, Website, dan lain-lain. Pengumpulan data diperoleh mealui observasi wawancara mendalam yang dilakukan terhadap Manager, pemegang akun Instagram dan juga para konsumen yang menjadi informan. Data diperoleh melalui studi kepustakaan dan dokumentasi dari berbagai media, baik cetak maupun online. Hasil penelitian dari bauran pemasaran (4P) oleh Blue Lane Coffee yaitu produk (Product), dimana mereka mengenalkan produknya di Instagram dengan memberikan informasi yang lengkap, mulai dari menu produk, komposisi produk, hingga story telling setiap produk yang diberikan. Harga (Price), tidak sering di informasikan di social media karena ingin menarik perhatian audience untuk mendatangi setiap cabang dari Blue Lane Coffee. Harga bahan baku yang sewaktu-waktu meningkat juga dapat mempengaruhi harga antara di outlet dan di social media. Untuk tempat (Place), dengan cara memperomosikan dan memposting setiap cabang outlet di Instagram dengan cara mem-posting foto dan video mengenai suasana tempat outlet, untuk menarik konsumen dating langsung ke tempat. Selain itu, mereka juga menyantumkan lokasi setiap cabang outlet-nya pada kolom deskripsi Instagram, agar konsumen selalu update mengenai lokasi terbaru. Promosi (Promotion) dengan memafaatkan fitur Instagram seperti Instastory, Highlight, Boomerang, dan IGTV. Endorsement dengan beberapa selebgram dan actor juga dilakukan untuk membangun kepercayaan konsumen. Kesimpulan penelitian adalah strategi komunikasi pemasaran digital oleh Blue Lane Coffee adalah salah satu upaya untuk meningkatkan penjualan serta meningkatkan jumlah pengunjung pada outlet-nya. Saran teoritis adanya kelanjutan penelitian tentang kepuasan pelanggan seperti value, loyal customer, quality, dan repeat order. Saran Praktis untuk @bluelane_coffee adalah memanfaatkan fitur-fitur Instagram lebih sering lagi, selalu update dengan aktivitas yang ada, serta memberikan promo yang lebih variatif lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, Sosial Media Digital, dan Meningkatkan Penjualan
Subjects: 000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.242 Kode Bar > 006.3 Kecerdasan Buatan > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.3 Kecerdasan Buatan > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media

300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.83 Riset Penelitian Pemasaran > 658.83 Analisis Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.8 Marketing
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.82 Promosi Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.84 Distribusi Marketing > 658.84 Bisnis Online
Divisions: Fakultas Sosial & Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1458 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2023 11:41
Last Modified: 20 Mar 2023 11:41
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/1751

Actions (login required)

View Item View Item