Implementasi Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Pelanggan Dengan Algoritma Apriori Serta Metode Pengujian System Usability Scale (Studi Kasus: Distributor Tekstil Lindy Store)

Marselim, Marselim (2024) Implementasi Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Pelanggan Dengan Algoritma Apriori Serta Metode Pengujian System Usability Scale (Studi Kasus: Distributor Tekstil Lindy Store). Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (959kB)

Abstract

Pada era modern saat ini kebutuhan masyarakan akan handuk semakin meningkat dalam kasus ini yang diperlukan oleh masyarakat adalah handuk yang lembut, nyaman di kulit dan tahan lama. Persaingan yang ketat dalam industri tekstil menuntut pengusaha untuk menemukan strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran produk handuk. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan data penjualan produk dengan menggunakan teknik data mining, yaitu asosiasi. Lindy Store adalah distributor yang menjual berbagai macam model handuk baik secara online maupun offline, dalam kegiatan seharinya Lindy Store melakukan pencatatan rutin data transaksi penjualan. Data tersebut dapat digunakan untuk menganalisa produk mana yang sering dibeli bersamaan oleh pelanggan sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan strategi pemasaran dan promosi produk. Lindy Store menghadapi kesulitan dalam menarik dan mempertahankan pelanggan serta dalam pengambilan keputusan yang tepat, karna tidak adanya data statistik yang valid mengenai pola kebiasaan belanja pelanggan. Oleh karena itu, maka dilakukan penelitian serta perancangan sebuah aplikasi yang dapat mengetahui produk mana yang sedang sering laku terjual bersamaan dengan menggunakan metode asosiasi, serta menggunakan apriori sebagai algoritmanya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan aturan asosiasi dengan algoritma apriori ke dalam sebuah aplikasi berbasis web serta melakukan pengujian sistem menggunakan SUS (System Usability Scale), yang diharapkan dapat membantu Lindy Store dalam mengetahui pola pembelian pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Apriori, Aturan Asosiasi, Penambangan Data, Pola Pembelian Pelanggan, System Usability Scale
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Pemograman > 005.74 Database
Divisions: Fakultas Sains & Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Hariyanto Rie
Date Deposited: 28 Apr 2025 05:49
Last Modified: 28 Apr 2025 05:49
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2565

Actions (login required)

View Item View Item