Sidik, Muhamad Fajar (2024) PENGARUH BUDAYA JKT48 MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU FANS PADA KOMUNITAS GUNNERFX. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.
![]() |
Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAMPIRAN-BAB V.pdf - Published Version Download (642kB) |
Abstract
Media sosial berperan penting dalam membentuk persepsi dan perilaku individu di era digital, termasuk pada penggemar grup idola seperti JKT48. Sebagai fenomena budaya popular, JKT48 dengan basis penggemar yang luas dan aktif, berpotensi mempengaruhi perilaku penggemar melalui konstruksi identitas di berbagai platform media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh budaya JKT48 melalui media sosial terhadap perubahan perilaku penggemar dalam komunitas GunnerFX. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dan analisis data kuantitatif Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Jaringan Sosial dan Teori Model Transtheoretical penelitian ini melibatkan 50 responden yang merupakan anggota komunitas GunnerFX yang aktif mengikuti perkembangan JKT48. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh budaya JKT48 terhadap perubahan perilaku fans pada komunitas GunnerFX memiliki nilai yang tinggi. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana, budaya JKT48 memberikan pengAZaruh positif yang signifikan sebesar 23,6% terhadap perubahan perilaku responden. Perubahan terkuat yang dirasakan responden yaitu pada indikator perubahan karakter dengan kategori tinggi sebanyak 50% dan sangat tinggi sebanyak 24% responden. Selanjutnya, media sosial dinilai berperan penting dalam proses budaya JKT48 mempengaruhi perilaku responden. Hasil menunjukkan bahwa 84% responden mengandalkan media sosial sebagai sumber informasi utama juga untuk berinteraksi dengan penggemar lainnya. Keanggotaan dalam Komunitas GunnerFX berdampak positif terhadap perilaku responden dengan menyediakan platform interaksi, kegiatan sosial, dan dukungan kepada JKT48. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi komunitas dan penggemar grup idola untuk memahami dinamika hubungan antara penggemar dan idola di era digital.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya JKT48, Media Sosial, Perubahan Perilaku |
Subjects: | 000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.242 Kode Bar > 006.3 Kecerdasan Buatan > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media 000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.3 Kecerdasan Buatan > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media 000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media 000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media |
Divisions: | Fakultas Sosial & Humaniora > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Muhamad Kemal Prasetyo |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 08:14 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 08:14 |
URI: | https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |