PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Andreas, Gustianto (2024) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
cover-bab3.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
bab5-lampiran.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan untuk perusahaan sehingga kedepannya kami dapat melakukan tindakan evaluasi lanjutan yang terarah. Penelitian ini menggunakan pengamatan / observasi terhadap objek perusahaan industri dinamo mesin, dan penelitian ini ditujukan untuk pelanggan perusahaan yang sudah pernah memakai atau tahu produk GGM. Sample yang kami kumpulkan adalah sebanyak 127 orang dari total populasi 187 orang dan penulis mengumpulkan data dengan cara penyebaran kuesioner melalui media whats app. Hasil penelitian yang telah penulis peroleh adalah sebagai berikut : dimana dari keempat variabel yang telah di analisa terdapat 4 variabel X yang berpengaruh secara signifikan secara simultan terhadap variabel Y kepuasan pelanggan yaitu Kualitas Produk, Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan dengan perolehan hasil uji f diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh kualitas produk (X1), harga (X2), promosi (X3), kualitas pelayanan (X4), secara simultan terhadap kepuasan pelanggan (Y) adalah sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai F hitung 103,871 > F tabel 2.29, sehingga dapat disimpulkan bahwa H5 diterima, yang berarti terdapat pengaruh X1, X2, X3, X4 secara simultan terhadap Y. Sedangkan untuk uji t terdapat 3 variabel yang berpengaruh secara partial yaitu kualitas produk sebesar 0,010 < 0,05 dan nilai t hitung 2,608 > t tabel 1,984, sehingga dapat disimpulkan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 terhadap Y. untuk pengaruh promosi (X3) terhadap kepuasaan pelanggan (Y) sebesar 0,003 < 0,05 dan nilai t hitung 3,038 > t tabel 1,984, sehingga dapat disimpulkan H3 diterima yang berarti terdapat pengaruh X3 terhadap Y. untuk pengaruh kualitas pelayanan (X4) terhadap kepuasaan pelanggan (Y) sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai t hitung 4,988 > t tabel 1,984, sehingga dapat disimpulkan H4 diterima yang berarti terdapat pengaruh X4 terhadap Y. Dan terdapat 1 variabel X2 yang tidak berpengaruh yaitu harga yang tidak berpengaruh secara signifikan dengan perolehan hasil uji t sebesar sebesar 0,712 > 0,05 dan nilai t hitung 0,370 < t tabel 1,984, sehingga dapat disimpulkan H2 ditolak yang berarti terdapat pengaruh negative X2 terhadap Y.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas produk, Harga, Promosi, kualitas pelayanan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.83 Riset Penelitian Pemasaran > 658.83 Analisis Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.56 Manajemen Analisa Produk
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.82 Promosi Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.80072 Statistik Pemasaran
Divisions: Fakultas Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Mayang Farha
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:14
Last Modified: 23 Apr 2025 04:14
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2509

Actions (login required)

View Item View Item