ANALISA KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @folkative DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK

Putra, Leonardi Dwi (2024) ANALISA KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @folkative DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis konten media sosial Instagram @folkative dalam membentuk opini publik. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya komunikasi sebagai alat untuk menyampaikan pesan dan informasi, yang semakin dipermudah dengan perkembangan teknologi komunikasi seperti media sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teori Media Baru (New Media), Media Sosial, dan Opini Publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana konten-konten di akun Instagram @folkative dapat mempengaruhi opini publik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis konten media sosial Instagram @folkative dalam membentuk opini publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis, di mana data diperoleh melalui analisis konten yang diposting oleh akun Instagram @folkative. Data dikumpulkan melalui teknik analisis konten dengan mengkaji sepuluh konten yang memiliki jumlah like di atas 200 ribu dan mampu memicu diskusi serta opini publik di kolom komentar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten yang diposting oleh akun Instagram @folkative secara efektif membentuk opini publik melalui penggunaan strategi komunikasi yang persuasif dan interaktif. Konten yang menarik dan relevan dengan isu-isu sosial kontemporer telah berhasil meningkatkan partisipasi dan keterlibatan pengguna. Penggunaan caption kreatif dan visual yang menarik terbukti menjadi kunci dalam menarik perhatian audiens dan memotivasi mereka untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi yang muncul. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana media sosial, khususnya Instagram, dapat digunakan sebagai alat yang efektif dalam kampanye komunikasi dan pembentukan opini publik yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Opini Publik, Analisis Konten.
Subjects: 000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.242 Kode Bar > 006.3 Kecerdasan Buatan > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.3 Kecerdasan Buatan > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media
Divisions: Fakultas Sosial & Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhamad Kemal Prasetyo
Date Deposited: 21 Apr 2025 06:29
Last Modified: 21 Apr 2025 06:29
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2491

Actions (login required)

View Item View Item