STRATEGI KOMUNIKASI DISKOMINFO KOTA TANGERANG DALAM UPAYA PENYEBARAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

NATANIA, LAVINA (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DISKOMINFO KOTA TANGERANG DALAM UPAYA PENYEBARAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Diskominfo Kota Tangerang memiliki peran sebagai agen penyebaran informasi Pemerintah Kota Tangerang kepada publiknya. Diskominfo Kota Tangerang juga memanfaatkan perkembangan teknologi dengan menyebarkan informasi melalui media sosial instagram. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Diskominfo Kota Tangerang dalam upaya penyebaran informasi melalui media sosial instagram. Penelitian ini juga membahas fokus utama Diskominfo Kota Tangerang dalam menyebarkan informasi serta cara pengemasan informasi Diskominfo Kota Tangerang melalui media sosial instagram. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi dengen pendekatan tahapan strategi komunikasi menurut Fred. R. David agar tujuan komunikasi dapat tercapai dengan maksimal dengan meninjau aspek-aspek, yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mendiskripsikan strategi yang digunakan Diskominfo Kota Tangerang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Diskominfo Kota Tangerang melakukan strategi komunikasi ke dalam tiga tahapan, yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Tahap perencanaan di mana Diskominfo Kota Tangerang menentukan visi dan misi, menentukan agenda rapat untuk membahas informasi yang harus segera dibagikan ke masyarakat Kota Tangerang, pembagian divisi, dan menentukan target audiens. Tahap implementasi, yaitu melaksanakan strategi yang sudah direncanakan dengan menyebarkan informasi dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di media sosial instagram, seperti feeds, story, highlight, reels, hashtag, caption, backsound, comments dan direct message. Tahap evaluasi, yaitu meninjau ulang strategi yang telah dilakukan dengan memerhatikan insight, seperti jumlah pengikut, interaksi, jangkauan, dan komentar publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Informasi, Instagram
Subjects: 000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.242 Kode Bar > 006.3 Kecerdasan Buatan > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.3 Kecerdasan Buatan > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media

300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Sosial & Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhamad Kemal Prasetyo
Date Deposited: 21 Apr 2025 06:18
Last Modified: 21 Apr 2025 06:18
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2490

Actions (login required)

View Item View Item