SURADJI, JONATHAN ANDREAS (2024) PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA MENGENAI AKUN INSTAGRAM @Abouttng DALAM KEBUTUHAN INFORMASI. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.
![]() |
Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Masyarakat membutuhkan informasi dalam kehidupannya, hadirnya media sosial dapat mempermudah masyarakat untuk mencari informasi. Dengan hanya menggunakan gawai dan sentuhan jari informasi dengan mudah didapatkan tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap akun Instagram @Abouttng dalam memenuhi kebutuhan informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskrptif. Dan pendekatan dalam penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teori Uses & Gratification untuk menganalisis yang mencakup kebutuhan kognitif, afektif, integratif pribadi, dan sosial. di kemukakan oleh Blumer dan Katz Dalam teori ini menekankan bahwa pengguna media memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut. Dalam penelitian ini melakukan wawancara dengan tujuh mahasiswa Ilmu komunikasi universitas Budddhi Dharma yang relevan dengan penelitian ini dan Observasi dengan melihat akun Instagram @Abouttng sebagai instrument untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap akun tersebut, menganggapnya efektif dalam menyediakan informasi yang cepat, akurat, dan relevan. Akun @Abouttng tidak hanya berperan sebagai sumber informasi yang terpercaya, tetapi juga sebagai platform interaktif yang memfasilitasi pertukaran informasi antara pengikutnya. Mahasiswa merasa bahwa akun ini memenuhi kebutuhan informasi mereka, terutama terkait berita terbaru, lalu lintas, bencana alam, dan budaya lokal Tangerang. .Peneliti dapat menyimpulkan bahwa akun Instagram @Abouttng berperan penting sebagai sumber informasi bagi mahasiswa ilmu komunikasi Buddhi Dharma.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Kebutuhan Informasi, Instagram, media sosial |
Subjects: | 000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.242 Kode Bar > 006.3 Kecerdasan Buatan > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media 000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.3 Kecerdasan Buatan > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media 000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.752 Web Blog > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media 000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.754 Online Social Network/ Sosial Media 600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.4038 Manajemen Informasi |
Divisions: | Fakultas Sosial & Humaniora > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Muhamad Kemal Prasetyo |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 07:35 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 07:36 |
URI: | https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |