Christopolus, Gilberth (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MODEL AIDA PADA IKLAN WISATA KANO KOTA TANGERANG MELALUI PENDEKATAN SEMIOTIKA SOSIAL. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.
![]() |
Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Di era digital saat ini, Instagram berperan penting dalam promosi destinasi wisata berkat pertumbuhan pesat pengguna internet dan pergeseran perilaku konsumen menuju platform online. Kota Tangerang menghadapi tantangan dalam memasarkan destinasi wisata baru seperti wisata kano di Kali Sipon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran model AIDA dalam iklan poster wisata kano di Instagram menggunakan pendekatan semiotika sosial. Penelitian ini menggunakan teori Model AIDA menurut widyastuti dan semiotika sosial menurut Halliday. Teori AIDA, meliputi attention, interest, desire, dan action. Teori semiotika sosial meliputi 3 metafungsi yaitu fungsi ideasional, fungsi interpersonal dan fungsi tekstual. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan semiotika sosial. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa iklan wisata kano di Kali Sipon Kota Tangerang berhasil dalam menarik perhatian, minat, keinginan, dan tindakan konsumen. Dengan mengandalkan elemen visual dan verbal menarik, informasi yang jelas, serta fasilitas dan pelayanan yang memadai. Strategi iklan ini, berhasil menarik pengunjung baru dan mendorong kunjungan berulang, sehingga meningkatkan daya tarik destinasi wisata kano. Saran penelitian ini adalah Disbudpar Kota Tangerang perlu mengembangkan lagi desain visual iklan yang lebih kreatif dan menarik, menyajikan informasi yang jelas dan terstruktur, serta meningkatkan fasilitas wisata dan juga kualitas pelayanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wisata Kano, AIDA, Semiotika Sosial, Kota Tangerang |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Sosial & Humaniora > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Muhamad Kemal Prasetyo |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 05:42 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 05:44 |
URI: | https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |