Susiwanti, Ezra (2021) DAMPAK APLIKASI TIK TOK TERHADAP PERILAKU NARSISME REMAJA (Studi Deskriptif Pada Murid Kelas 12 SMA Negeri 4 Kota Tangerang). Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.
Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version Download (977kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa dampak dari pengguna aplikasi tik tok terhadap murid kelas 12 SMA Negeri 4 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretatif dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 5 orang siswi kelas 12 SMA Negeri 4 Kota Tangerang yang dipilih secara purposif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis data interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)Internet merupakan salah satu teknologi canggih yang menghubungkan para penggunanya di seluruh dunia. Internet membantu para pengguna dalam mendapatkan informasi dan berinteraksi secara cepat tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Kehadiran internet juga diikuti dengan perkembangan media sosial. 2) Pada masa ini, remaja biasanya gemar mengeksplorasi hal-hal baru untuk mencari kesenangan atau biasa dikenal sebagai hobi. Akan tetapi, di era digital sekarang, tantangan yang dialami remaja yaitu meningkatnya kecanduan dalam bermedia sosial. Selain itu, media sosial yang berlebihan bisa berdampak negatif lainnya, seperti perilaku narsisme. Keadaan tersebut diperparah dengan adanya media Tik Tok yang mendorong remaja semakin mudah menyalurkan aktivitas narsistik mereka. 3) Hasil wawancara dengan narasumber, mereka memberikan statement bahwa aplikasi Tik Tok yang mereka gunakan sangat baik karena mereka memanfaatkannya dengan baik juga. Mereka menggunakan Tik Tok untuk share ke teman-teman, dengan konten yang bermanfaat seperti memasak dan film. 4) Adapun dampak negatif Tik Tok, tergantung bagaimana narasumber sebagai siswa memanfaatkan Tik Tok sebagai ajang narsisme. Narasumber mengatakan supaya tidak kecanduan bermain Tik Tok, sebaiknya waktu dibatasi Tik Tok sehari 2-4 jam. 5) Beberapa narasumber menggunakan dan mengguggah konten Tik Tok yang berisi dance (pribadi), memasak, dan beauty.
Actions (login required)
View Item |