PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGANALISA DATA PENJUALAN BARANG DI SWALAYAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH

Febrian, Thomas (2022) PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGANALISA DATA PENJUALAN BARANG DI SWALAYAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
Skripsi Thomas Febrian Cover - Bab III.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Thomas Febrian BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Thomas Febrian BAB V - Lampiran.pdf - Published Version

Download (352kB)

Abstract

Transaksi penjualan yang dilakukan setiap hari akan mengakibatkan terjadinya penumpukan data, karena penjualan yang dilakukan setiap hari akan menyebabkan banyaknya transaksi penjualan. Salah satu strategi untuk dapat meningkatkan penjualan yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan data penjualan yang telah ada. Data tersebut digunakan bukan hanya untuk arsip perusahaan saja, tetapi dapat diolah dan dimanfaatkan untuk menghasilkan suatu informasi yang berguna untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Pemanfaatan data di dalam suatu sistem informasi untuk mendorong kegiatan pengambilan keputusan tidak cukup hanya mengandalkan data operasional saja, tetapi diperlukan suatu analisis data untuk menggali potensi-potensi informasi dari data yang ada. Para pengambil keputusan berusaha untuk memaanfaatkan data-data yang dimiliki dalam mengambil keputusan di dalam gudang data, hal ini mendorong munculnya cabang ilmu baru untuk mengatasi masalah penggalian informasi atau pola penting dari suatu data yang berjumlah besar, yang disebut dengan data mining Salah satu metode yang dapat menggali informasi ini adalah metode asosiasi dengan algoritma FP-Growth. Algoritma ini merupakan salah satu metode dalam penambangan data yang bertujuan untuk mengetahui produk-produk yang sering terjual dan keterkaitan antar produk satu dengan yang lainnya. Penelitian ini memanfaatkan data sekunder berasal dari situs kaggle yang berjudul groceries dataset dan data diambil berdasarkan atribut yang diperlukan. Pola penjualan kombinasi barang swalayan ini ditentukan berdasarkan nilai support dan nilai confidence, sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh nilai support terbesar pada item whole milk dan support terkecil pada item female sanitary product. Dan gabungan 3 barang dengan confidence tertinggi yaitu domestic egg dan meat kepada whole milk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Data mining, metode asosiasi, algoritma FP-Growth, rapidminer
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Pemograman > 005.74 Database
Divisions: Fakultas Sains & Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Iskandar Iskandar
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:34
Last Modified: 16 Feb 2023 05:34
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/1615

Actions (login required)

View Item View Item