IMPLEMENTASI METODE ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI CUSTOMER CHURN PADA BISNIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

Stephen, Stephen (2022) IMPLEMENTASI METODE ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI CUSTOMER CHURN PADA BISNIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
COVER – BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (993kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V – LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (475kB)

Abstract

Penerapan teknologi saat ini mulai merambah dan semakin meningkat di berbagai bidang. Keseluruhan aktivitas di sektor korporasi semakin terkait dengan pengaruh dan dampak teknologi. Macam - macam aplikasi atau software komputer tersedia secara melebar yang memungkinkan pengusaha menggunakannya untuk mengelola operasi bisnis mereka. Perusahaan UMKM biasanya memiliki data pelanggan yang mereka beli dengan maksud dalam membangun ikatan yang memberikan keuntungan dari masing-masing pelanggan dan perusahaan, tetapi data pelanggan yang sering tidak di organisir dan dianalisis dengan teliti, sehingga pelanggan meninggalkan atau dapat tidak berlangganan dari satu perusahaan atau akan pindah ke perusahaan lainnya. Menganalisa prediksi dalam kehilangan pelanggan (customer churn) memerlukan model algoritma yang bisa melakukan prediksi kehilangan pelanggan secara akurat. Dalam menentukan hasil prediksi tersebut suatu usaha melakukan analisa memakai teknik data mining dengan menggunakan algoritma Naive Bayes sehingga suatu usaha dapat melakukan tindakan preventif. Data latih dan testing diperlukan untuk memasukan ke dalam pemodelan naïve bayes untuk memberi hasil dengan akurasi 84,95% dan AUC 83,20%. Dari akurasi dan AUC ini sebagai tanda hasil Interpretasi dengan nilai yang dilakukan yaitu dalam titik “Baik”. Naïve bayes membuktikan bisa memprediksi kemungkinan customer churn berdasarkan data dan klasifikasi sehingga hasilnya bisa mendukung menjadi keputusan bisnis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Algoritma Naïve Bayes, Data mining, Kehilangan pelanggan, RapidMiner, Netbeans
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Pemograman > 005.74 Database
Divisions: Fakultas Sains & Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Iskandar Iskandar
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:24
Last Modified: 16 Feb 2023 05:24
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item