IMPLEMENTASI DECISION SUPPORT SYSTEM PADA SISTEM PENILAIAN KEPUASAN PELANGGAN DENGAN METODE SERVQUAL PADA SHINING LANGUAGE CENTER

Cenwira, Wihan (2019) IMPLEMENTASI DECISION SUPPORT SYSTEM PADA SISTEM PENILAIAN KEPUASAN PELANGGAN DENGAN METODE SERVQUAL PADA SHINING LANGUAGE CENTER. Bachelor thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
Wihan Cenwira - 20151000099.pdf

Download (5MB)

Abstract

Banyaknya instansi yang bergerak dibidang yang sama membuat persaingan bisnis menjadi semakin berat. Persaingan bisnis sudah tidak hanya berbicara tentang harga saja, tetapi juga tentang kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan menjadi poin penting yang menentukan suatu instansi dapat bertahan atau tidak di dalam persaingan bisnis. Permasalahan yang terjadi adalah banyaknya instansi yang belum bisa mengukur tingkat kepuasan pelanggannya dan tidak tahu kekurangan pelayanannya. Penerapan Decision Support System dan penilaian kepuasan pelanggan dengan metode Servqual memungkinkan suatu instansi mendapatkan penilaian kepuasan dari pelanggan atas pelayanan yang telah diberikan dan mendapatkan rekomendasi perbaikan mutu. Nilai ekspektasi dan nilai persepsi akan diketahui dengan memberikan kuisioner kepada para pelanggan atau pengguna jasa dan produk. Ada 5 (lima) dimensi yang akan dinilai dengan menggunakan metode Servqual, yaitu dimensi bukti fisik( Tangibles), Ketanggapan (Responsive), Jaminan dan Kepastian (Assurance), dan Empati (Emphaty). Dengan mengetahui ekspektasi yang diharapkan oleh pelanggan dan nilai persepsi setelah pelanggan mendapatkan pelayanan dari instansi tersebut, maka instansi tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanannya apabila dirasa kurang memuaskan. Decision Support System yang memberikan rekomendasi perbaikan mutu juga akan memudahkan perusahaan untuk mengambil keputusan dalam meningkatkan mutu pelayanan. Dari hasil pengujian kepuasan pelanggan terhadap Shining Language Center, maka didapatkan bahwa hasil nilai Servqual belum ada yang menunjukan hasil positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan Shining Language Center belum memenuhi ekspektasi pelanggannya. 5 poin yang yang memiliki nilai Servqual terendah yang menjadi rekomendasi perbaikan mutu Shining Language Center adalah kesesuaian fasilitas yang diterima dengan yang ditawarkan, kelengkapan fasilitas yang ada, ketepatan waktu guru, kelas dalam keadaan yang bersih dan nyaman, dan proses mengajar yang jelas. Kata Kunci: Decision Support System, Servqual, Penilaian Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Pemograman > 005.36 Program untuk Komputer Personal
000 Karya Umum > 005 Pemograman > 005.4 Sistem Pemograman
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Sains & Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Iskandar Iskandar
Date Deposited: 18 Sep 2020 05:59
Last Modified: 23 Feb 2023 08:03
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/857

Actions (login required)

View Item View Item