Arianto, Arien Sheriden (2025) Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Melalui Media Digital, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Umkm Di Kecamatan Pagedangan. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.
![]() |
Text
COVER-BAB 3.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (679kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sosialisasi perpajakan melalui media digital, kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi UMKM di Kecamatan Pagedangan. Variabel independen dalam penelitian ini meliputi sosialisasi perpajakan melalui media digital, kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, dan pengetahuan perpajakan, sedangkan variabel dependen adalah kepatuhan wajib pajak orang pribadi UMKM di wilayah tersebut. Populasi penelitian terdiri dari 130 responden, dengan sampel sebanyak 125 data yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 30 melalui berbagai pengujian, termasuk uji frekuensi, uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi perpajakan melalui media digital, kesadaran wajib pajak, dan sanksi perpajakan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi UMKM. Namun, pengetahuan perpajakan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak tersebut. Secara simultan, variabel sosialisasi perpajakan melalui media digital, kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, dan pengetahuan perpajakan memengaruhi kepatuhan wajib pajak orang pribadi UMKM.
Actions (login required)
![]() |
View Item |