SMART PRODUCT RECOMMENDATIONS IN THE ECOMMERCE WEBSITE: UTILIZING THE APRIORI ALGORITHM FOR MARKET BASKET ANALYSIS

Hendra, Hendra and Hermawan, Aditya and Edy, Edy (2012) SMART PRODUCT RECOMMENDATIONS IN THE ECOMMERCE WEBSITE: UTILIZING THE APRIORI ALGORITHM FOR MARKET BASKET ANALYSIS. Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), x (x). pp. 1-5. ISSN 2460-7258

[img] Text
Smart Product Recommendations in the Ecommerce Website.pdf - Published Version

Download (543kB)
[img] Text
Turnitin SMART PRODUCT RECOMMENDATIONS IN THE ECOMMERCE WEBSITE.pdf - Published Version

Download (642kB)

Abstract

Dunia perdagangan online menjadi semakin kompetitif dan untuk sukses di bidang ini tidak cukup hanya dengan menampilkan produk kepada calon pembeli. Sangat penting untuk menawarkan beragam produk dan menjaga agar rekomendasi produk tetap mutakhir terutama bagi pelanggan yang cenderung membeli banyak barang. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan sistem cerdas yang dapat secara otomatis menghasilkan rekomendasi produk yang sedang tren berdasarkan data penjualan. Pada penelitian ini, metode Market Basket Analysis (MBA) digunakan untuk menganalisis data transaksi konsumen dan mengidentifikasi produk yang sering dibeli bersamaan. Algoritma apriori diterapkan untuk menghasilkan aturan asosiasi dan parameter Lift Ratio digunakan untuk mengevaluasi kekuatan aturan-aturan tersebut. Penelitian ini diimplementasikan pada sebuah situs web e-commerce, dan dari sistem tersebut aturan asosiasi yang dihasilkan akan diterapkan untuk memberikan rekomendasi produk otomatis berdasarkan tren data penjualan beberapa waktu terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem rekomendasi produk otomatis yang dibuat pada website e-commerce sangat membantu pengguna dalam meningkatkan pengalaman berbelanja online mereka. Penggunaan parameter Lift Ratio dalam validasi aturan asosiasi memberikan bukti kuat tentang relevansi dan akurasi dari rekomendasi produk yang dihasilkan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dan potensi penjualan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Apriori, Data Mining, E-commerce, Market Basket Analysis (MBA), Website
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer > 004.21 Sistem Analisis dan Desain Komputer
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.242 Kode Bar > 006.3 Kecerdasan Buatan > 006.752 Web Blog
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.3 Kecerdasan Buatan > 006.752 Web Blog
000 Karya Umum > 006 Metode Komputer Tertentu > 006.752 Web Blog

500 Ilmu Alam dan Matematika > 518.1 Algoritma
Divisions: Fakultas Sains & Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Hariyanto Rie
Date Deposited: 17 Jun 2025 08:59
Last Modified: 17 Jun 2025 08:59
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2844

Actions (login required)

View Item View Item