Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter Pada PT Harapan Inti Persada Indah (HIPI)

Desfrian, Viryadhika (2024) Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter Pada PT Harapan Inti Persada Indah (HIPI). Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

PT HIPI memiliki divisi IT yang hanya tersedia di kantor pusat dan hanya dipegang oleh satu orang staf IT. Dalam praktiknya, seringkali divisi IT mengalami kesulitan, beberapa di antaranya yaitu kurang terorganisirnya permintaan barang atau jasa dari user, tidak adanya tingkat urgensi atas setiap tugas yang diterima serta kurangnya dokumentasi untuk setiap pekerjaan yang telah dilakukan. Berdasarkan permasalahan tersebut, dirancang sebuah sistem informasi helpdesk berbasis web yang dapat mendaftar dan mengorganisir setiap permintaan user. Sistem informasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Fungsi utama dari sistem informasi helpdesk ini yaitu agar pengguna dapat membuat tiket kepada divisi IT untuk permintaan atau pengadaan yang berhubungan dengan IT. Tiket yang telah dibuat melalui aplikasi dapat disusun dan ditandai berdasarkan tingkat urgensi dan status penyelesaiannya. Laporan atas setiap pekerjaan yang telah dilakukan dapat diunduh melalui aplikasi secara berkala. Aplikasi ini dapat memudahkan user untuk membuat permintaan dan memonitor status penyelesaian atas permintaan yang telah dibuat. Lebih lanjut, aplikasi ini dapat membantu divisi IT dalam mengelola setiap permintaan yang masuk sehingga semua permintaan yang diterima dapat terorganisir dengan baik. Sistem informasi helpdesk tersebut diuji menggunakan pengujian UAT kepada pengguna. Atas pengujian tersebut, didapatkan hasil sebesar 86% sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi helpdesk yang dirancang pada PT HIPI dalam penelitian ini mendapatkan hasil yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Helpdesk, Ticketing System, Monitoring System, User Acceptance Test, Equivalence Partitioning
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer > 004.21 Sistem Analisis dan Desain Komputer
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 650.0285 Pengolahan dan Analisa Data di Bidang Bisnis
Divisions: Fakultas Sains & Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Hariyanto Rie
Date Deposited: 27 May 2025 08:38
Last Modified: 27 May 2025 08:38
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2755

Actions (login required)

View Item View Item