PENGARUH HARGA & PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN SHOPEEFOOD PADA KALANGAN GEN Z DI KOTA TANGERANG

PARAMITHA, TIARA PUTRI (2024) PENGARUH HARGA & PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN SHOPEEFOOD PADA KALANGAN GEN Z DI KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (797kB)

Abstract

Komunikasi pemasaran yang tepat sangat penting untuk memengaruhi keputusan pembelian Gen Z, yang responsif terhadap harga dan promosi di platform seperti ShopeeFood. Perusahaan perlu mengembangkan strategi pemasaran yang relevan dan menggunakan data untuk menarik perhatian Gen Z secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian makanan ShopeeFood pada kalangan Gen Z di Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Terdapat dua (2) variabel bebas (independen) yaitu Harga (X1) dan Promosi (X2), serta satu (1) variabel terikat (dependen) yaitu Keputusan Pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah Gen Z di Kota Tangerang yang pernah membeli makanan di ShopeeFood. Penelitian ini menggunakan data primer, yang pengumpulan datanya menggunakan kuesioner via google form yang disebarkan secara online melalui WhatsApp, Telegram, dan Facebook, di mana terdapat sebanyak 259 responden yang memberikan jawaban. Penentuan sampel penelitian menggunakan snowball sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan regresi linear berganda dengan program SEM-PLS versi 3.2.9. Statistik deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran atau ringkasan tentang karakteristik data dalam penelitian ini, sedangkan regresi linear berganda digunakan untk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Data dikumpulkan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh promosi dan harga bersama-sama dalam pengambilan keputusan pembelian makanan di ShopeeFood pada kalangan Gen Z di Kota Tangerang sebesar 98,4% yang dibuktikan dari uji hubungan sturktural.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Promosi, Keputusan Pembelian, ShopeeFood, Gen Z, Tangerang
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.82 Promosi Pemasaran
Divisions: Fakultas Bisnis > Ilmu Administrasi Niaga (S1)
Depositing User: Muhamad Kemal Prasetyo
Date Deposited: 25 Apr 2025 07:05
Last Modified: 25 Apr 2025 07:05
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2557

Actions (login required)

View Item View Item