GUNAWAN, STEVEN CHANDRA (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BERBASIS WORD OF MOUTH UMKM BENGKEL PANCA MOTOR TANGERANG DALAM MENINGKATKAN PELANGGAN. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.
![]() |
Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Berbasis Word of Mouth dalam Meningkatkan Pelanggan Bengkel Panca Motor. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran berbasis Word of Mouth (WOM) dapat meningkatkan jumlah pelanggan di Bengkel Panca Motor. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya WOM sebagai strategi pemasaran efektif yang mampu menciptakan efek bola salju, di mana informasi positif tentang produk atau layanan dapat menyebar luas dari satu konsumen ke konsumen lainnya, tanpa memerlukan investasi besar seperti iklan tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran berbasis WOM yang diterapkan oleh Bengkel Panca Motor dalam meningkatkan jumlah pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan enam pelanggan Bengkel Panca Motor, observasi langsung, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, di mana data dianalisis secara mendalam untuk menemukan pola dan hubungan yang relevan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi WOM yang diterapkan oleh Bengkel Panca Motor berhasil meningkatkan jumlah pelanggan secara signifikan. Faktor-faktor kunci yang mendukung keberhasilan strategi ini meliputi pelayanan yang memuaskan, kualitas pekerjaan yang baik, dan rekomendasi positif dari pelanggan sebelumnya. Pelanggan yang merasa puas dengan layanan dan hasil kerja bengkel secara sukarela merekomendasikan bengkel ini kepada teman, keluarga, dan kolega mereka. Selain itu, keberadaan komunitas pengguna motor yang sering berkumpul dan berbagi pengalaman juga memperkuat penyebaran WOM positif. Penelitian ini menunjukkan bahwa WOM yang didukung oleh kualitas layanan dan kepuasan pelanggan dapat menjadi alat pemasaran yang sangat efektif. Bengkel Panca Motor tidak hanya berhasil menarik pelanggan baru melalui rekomendasi positif tetapi juga membangun loyalitas pelanggan jangka panjang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Word of Mouth (WOM), Strategi Komunikasi Pemasaran, |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.23 Komunikasi Media, Media Massa 600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.82 Promosi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Sosial & Humaniora > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Muhamad Kemal Prasetyo |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 06:46 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 06:46 |
URI: | https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |