IRWANTAN, NELSEN IVANDER (2024) TRANSFORMASI PERILAKU KOMUNIKASI PENGGUNA GAME ONLINE “MOBILE LEGENDS” STUDI KASUS UKM MOBILE LEGENDS UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.
![]() |
Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (679kB) |
![]() |
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Di era digitalisasi saat ini, kemajuan teknologi dan globalisasi telah mengubah peradaban serta gaya hidup manusia, termasuk dalam dunia permainan. Dengan hadirnya internet, permainan tradisional mulai digantikan oleh permainan daring. Berbagai platform permainan mulai bermunculan seperti PUBG (PlayerUnknown's Battlegrounds), AOV (Arena of Valor), HOK (Honor Of King), dan Mobile Legends menjadi yang paling popular, khususnya Mobile Legends. Salah satu dampak negatif dari penggunaan Mobile Lgeneds adalah munculnya sifat ketergantungan pada media tersebut. Hal ini terlihat dari fenomena perubahan atau transformasi perilaku komunikasi, yaitu yang awalnya lemah lembut setelah menggunakan media menjadi lebih kasar dan toxic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perubahan perilaku komunikasi, apakah Bermain game online pada pengguna dapat menghabiskan waktu yang banyak dalam bermain game Mobile Legends, dan apakah bermain game online pada pengguna dapat mengakibatkan malas sehingga menurunkan prestasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dan pendekatan dalam penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini melakukan wawancara dengan 37 mahasiswa anggota UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Universitas Buddhi Dharma yang bernama Aethereal Esport. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa sejak mulai bermain Mobile Legends prestasi belajar menjadi menurun, mahasiswa bisa bermain game Mobile Legends dalam waktu rata rata 2 jam bahkan bisa lebih dari 2 jam dalam seharinya. setelah bermain game Mobile Legends mahasiswa mengalami beberapa perubahan dalam perilaku komunikasi, seperti yang awalnya tidak pernah berkata kasar setelah bermain game Moible Legends jadi lebih sering berkata kasar saat bermain ataupun saat berada di lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transformasi, Perilaku Komunikasi, Game, Mobile Legends |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi 700 Seni, Hiburan dan Olahraga > 794.8 Electronic Game/Permainan Elektronik |
Divisions: | Fakultas Sosial & Humaniora > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Muhamad Kemal Prasetyo |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 06:12 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 06:12 |
URI: | https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2552 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |