STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL CUSTOMER SERVICE BANK MAYAPADA CABANG PEMBANTU CITRA GARDEN DALAM MENANGANI KELUHAN NASABAH

Suryanto, Liviani Theresia (2024) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL CUSTOMER SERVICE BANK MAYAPADA CABANG PEMBANTU CITRA GARDEN DALAM MENANGANI KELUHAN NASABAH. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (747kB)

Abstract

Strategi komunikasi sangat dibutuhkan untuk kita dapat saling bertukar pikiran, ide maupun informasi. Terutama dalam dunia perbankan, strategi komunikasi interpersonal dapat berguna untuk membangun hubungan dengan nasabah dan mempertahankan nasabah. Dalam hal ini dibutuhkan customer service yang dapat menjadi jembatan penghubung untuk memperkuat hubungan nasabah dengan perbankan. Pada penelitian ini membahas tentang Strategi Komunikasi Interpersonal Customer Service Bank Mayapada Cabang Pembantu Citra Garden Dalam Menangani Keluhan Nasabah. Bagaimana cara customer service menangani nasabah saat muncul keluhan, dengan tujuan mengetahui strategi komunikasi interpersonal seperti apa yang dipakai oleh customer service Bank Mayapada Cabang Citra Garden melalui lima efektivitas komunikasi interpersonal (keterbukaan, kesetaraan, sikap mendukung, empati dan sikap positif). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan proses pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer service Bank Mayapada Cabang Citra Garden menggunakan strategi komunikasi interpersonal yang sesuai untuk menangani keluhan nasabah. Customer service berhasil memberikan pelayanan yang baik dan membuat nasabah menjadi nasabah yang setia. Namun perlu adanya peningkatan fasilitas online yang ditujukan kepada nasabah guna untuk meningkatkan kualitas layanan yang akan semakin lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Customer Service, Keluhan, Komunikasi Interpersonal, Self Disclosure, Strategi Komunikasi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Sosial & Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhamad Kemal Prasetyo
Date Deposited: 21 Apr 2025 06:47
Last Modified: 21 Apr 2025 06:47
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2493

Actions (login required)

View Item View Item