KOMUNIKASI PERSUASIF SALES BANK BCA DALAM MENGAJUKAN KARTU KREDIT DI MALL TANGERANG CITY

BENHARD, CHRISTIAN TIMOTIUS (2024) KOMUNIKASI PERSUASIF SALES BANK BCA DALAM MENGAJUKAN KARTU KREDIT DI MALL TANGERANG CITY. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (786kB)

Abstract

Komunikasi Persuasif, yaitu komunikasi yang bersifat mempengaruhi audience atau komunikan, sehingga bertandak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator... Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi persuasif sales Bank BCA dalam menarik minat nasabah untuk membuka kartu kredit di Mall Tangerang City. Berdasarkan formula AIDDA, komunikasi persuasif dilakukan melalui beberapa tahapan: membangkitkan perhatian, menumbuhkan minat, memunculkan hasrat, mendorong keputusan, dan menggerakkan tindakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode pay-off idea, asosiasi, icing device, partisipasi, dan fear arousing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan melibatkan 1 supervisor dan 4 sales kartu kredit yang bekerja di Mall Tangerang City sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui triangulasi data, observasi, wawancara, dan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi persuasif yang efektif, baik secara rasional maupun emosional, dapat meningkatkan minat nasabah untuk membuka kartu kredit BCA. Pendekatan yang informatif, kredibel, dan emosional oleh sales BCA terbukti mampu menarik perhatian dan minat nasabah. Selain itu, upaya mempengaruhi sikap, memenuhi kepercayaan, memengaruhi nilai, dan mempengaruhi tingkah laku nasabah berhasil dilakukan melalui komunikasi yang kredibel, pesan yang jelas, pengaruh lingkungan yang positif, dan kesinambungan pesan. Dalam hal ini, peran komunikasi persuasif sales kartu kredit BCA telah berhasil meningkatkan minat nasabah dan juga membangun loyalitas nasabah terhadap produk dan layanan Bank BCA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Komunikasi Interpersonal, Sales
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Sosial & Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhamad Kemal Prasetyo
Date Deposited: 15 Apr 2025 07:06
Last Modified: 15 Apr 2025 07:07
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2420

Actions (login required)

View Item View Item