WIJAYA, CHANDRA SURYA (2024) PENGARUH IKLAN SCARLETT WHITENING DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.
![]() |
Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Di era digitilisasi saat ini, perkembangan teknologi internet dan popularitas penggunaan media sosial telah berlangsung dengan cepat khususnya dalam menjalankan strategi pemasaran bagi perusahaan. Periklanan media sosial Instagram menjadi salah satu strategi perusahaan yang dapat mampu mempengaruhi perilaku individu oleh informasi yang dapat memberikan ketertarikan dalam menciptakan keinginan untuk memiliki (minat beli). Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh, seberapa besar pengaruh tersebut, dan faktor pendorong iklan Scarlett Whitening di media sosial Instagram terhadap minat beli pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Buddhi Dharma apabila ditinjau dari teori S-O-R. Sampel dalam penelitian ini berlandaskan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden, dengan teknik pengambilan sampel berupa nonprobability sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui perantara Google forms. Seluruh data yang terkumpul dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan iklan Scarlett Whitening di media sosial Instagram memiliki perngaruh positif dan signifikan sebesar 61,5% terhadap minat beli pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Buddhi Dharma. Faktor pendorong dalam iklan Scarlett Whitening terhadap minat beli yaitu terdapat dalam indikator variabel terpaan iklan dan minat beli.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terpaan Iklan, Minat Beli, Teori S-O-R |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 659.1 Advertising > 659.1 Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor |
Divisions: | Fakultas Sosial & Humaniora > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Muhamad Kemal Prasetyo |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 06:33 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 06:48 |
URI: | https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |