KONSEP DIRI KARAKTER MIRABEL PADA FILM “ENCANTO” DALAM PERSPEKTIF SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Wiguna, Kheren Stevie (2022) KONSEP DIRI KARAKTER MIRABEL PADA FILM “ENCANTO” DALAM PERSPEKTIF SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Bachelor thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf - Published Version

Download (853kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN .pdf - Published Version

Download (910kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisa konsep diri suatu karakter animasi di film “Encanto” yang bernama Mirabel. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep diri karakter Mirabel dalam Film “Encanto”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Analisis data menggunakan teori semiotika Roland Barthes dengan mengkaji melalui signifier, signified dan myth dari tanda atau gambar yang ada dalam film “Encanto”. Penulis menemukan 15 adegan yang mewakili konsep diri pada karakter Mirabel. Hasil penelitian yang didapat menggambarkan bahwa karakter Mirabel memiliki 2 sisi konsep diri yaitu konsep diri terbuka dan konsep diri tersembunyi. Konsep diri terbuka Mirabel ditampilkan sebagai karakter yang mandiri, pengertian, ceria, sabar, pantang menyerah, dan pendamai. Sisi tersembunyi Mirabel ditampilkan sebagai karakter yang dapat tertekan, lelah, iri, putus asa, dan ingin berontak. Kesimpulannya karakter Mirabel digambarkan sebagai pribadi yang positif, dimana mewakili kepribadian yang optimis, bijaksana dan percaya diri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, Semiotika Roland Barthes, Film, Film “Encanto”.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 301 Sosiologi dan Antropologi, Manusia, Masyarakat
700 Seni, Hiburan dan Olahraga > 777 Sinematografi
Divisions: Fakultas Sosial & Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Iskandar Iskandar
Date Deposited: 10 Jan 2023 08:52
Last Modified: 28 Feb 2023 06:05
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/1411

Actions (login required)

View Item View Item