PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN RISIKO BISNIS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Empiris pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

Monalisa, Candika (2020) PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN RISIKO BISNIS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Empiris pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Bachelor thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
Candika Monalisa - 20160100125.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, dan risiko bisnis terhadap struktur modal. Variabel dependen yaitu struktur modal yang diukur menggunakan debt to equity ratio (DER). Variabel independen yaitu pertumbuhan penjualan yang diukur dengan sales growth, ukuran perusahaan diukur dengan size, dan risiko bisnis diukur dengan menggunakan DOL. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018. Teknik pengambilan data sampel adalah teknik purposive sampling dengan jumlah 35 perusahaan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari website resmi BEI, yaitu www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu : Uji Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis, dan Uji Regresi Linear Berganda, dengan menggunakan tools software SPSS versi 24. Hasil pengujian dalam penelitian ini membuktikan bahwa hasil penelitian, variabel pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap struktur modal, variabel ukuran perusahaan berpengaruh terhadap struktur modal, dan variabel risiko bisnis tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Berdasarkan hasil uji simultan (uji F) membuktikan bahwa pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, dan risko bisnis berpengaruh signifikan terhadap struktur modal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.83 Riset Penelitian Pemasaran > 658.83 Analisis Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.02 Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Bisnis > Akuntansi (S1)
Depositing User: Iskandar Iskandar
Date Deposited: 31 Aug 2020 05:12
Last Modified: 01 Mar 2023 03:16
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/750

Actions (login required)

View Item View Item