Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2023)

Anandini, Amanda Shaddai (2025) Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2023). Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
COVER-BAB 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh corporate social responsibility, profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan corporate governance sebagai variabel moderasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan merupakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2021-2023. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 24 perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia berdasarkan kriteria tertentu. Alat analisis data yang digunakan adalah smartPLS versi 4.1.0.9 Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan profitabilitas dan leverage memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan corporate social responsibility tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Kemudian corporate governance mampu memoderasi hubungan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dan hubungan profitabilitas terhadap nilai perusahaan, namun corporate governance tidak mampu memoderasi hubungan leverage terhadap nilai perusahaan. Dapat disimpulkan bahwa CG sebagai variabel moderasi telah mempengaruhi variabel CSR dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan menjadi lebih berpengaruh secara signifikan dengan efek yang lemah. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai Fsquarenya yang ≥0,02 dan ≤0,15. Namun CG sebagai variabel moderasi tidak memiliki efek yang signifikan terhadap variabel leverage sehingga tidak ada perubahan setelah dilakukannya moderasi. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai Fsquarenya yang ≤0,02 yang artinya tidak berpengaruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Leverage, Corporate Governance dan Nilai Perusahaan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 657 Akuntansi > 651.662 Akuntansi Perusahaan, Privat dan Swasta
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.02 Manajemen Perusahaan
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.15 Akuisisi Perusahaan
Divisions: Fakultas Bisnis > Akuntansi (S1)
Depositing User: Mayang Farha
Date Deposited: 01 Jul 2025 04:43
Last Modified: 01 Jul 2025 04:43
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2857

Actions (login required)

View Item View Item