PUI, ERICO HONOVI (2024) STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI GURU PEMBIMBING SEKOLAH MINGGU BUDDHIS ANANDA DALAM PENCAPAIAN KINERJA PROGRAM KEGIATAN SEKOLAH MINGGU. Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.
![]() |
Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version Download (684kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Buddha merupakan bagian dari pendidikan keagamaan di Indonesia. Pendidikan Agama Buddha memiliki tujuan utama untuk mengajarkan Buddha Dharma kepada peserta didik melalui Sekolah Minggu di vihara. Telah aktif selama 31 tahun, Sekolah Minggu Buddhis Ananda didukung oleh berbagai kegiatan edukatif dan menarik. Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran guru-guru pembimbing sekolah minggu buddhis yang menerapkan strategi komunikasi organisasi dalam pelaksanaan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi organisasi yang digunakan oleh tim guru-guru Sekolah Minggu Buddha (SMB) Ananda dalam mencapai pelaksanaan program Sekolah Minggu. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi organisasi yang digunakan oleh tim guru-guru SMB Ananda untuk mencapai terlaksananya program Sekolah Minggu. Tujuan penelitian adalah untuk mengenal, memahami, dan menganalisis strategi komunikasi organisasi yang diterapkan oleh tim guru-guru SMB Ananda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam kepada empat narasumber yaitu guru-guru SMB Ananda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat arus komunikasi vertikal dalam bentuk penyampaian instruksi kerja, arus komunikasi horizontal untuk koordinasi antar guru, arus komunikasi diagonal antara guru dengan orang tua dan pengurus vihara, serta arus komunikasi disebar secara serentak. Gaya komunikasi yang ditemukan dalam penelitian ini mencakup gaya kesetaraan (equalitarian style), gaya akomodatif (relinquishing style), dan gaya terstruktur (structured Style). Gaya-gaya ini berkontribusi dalam pelaksanaan tugas fungsional, tugas perilaku, dan tugas etika guru-guru SMB Ananda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi komunikasi organisasi yang diterapkan oleh SMB Ananda terbukti efektif dalam mendukung pelaksanaan program Sekolah Minggu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi komunikasi organisasi, arus komunikasi organisasi, gaya komunikasi organisasi, kinerja organisasi |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.3 Komunikasi Dalam Kelompok |
Divisions: | Fakultas Sosial & Humaniora > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Muhamad Kemal Prasetyo |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 12:10 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 12:11 |
URI: | https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2444 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |