PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMAKAIAN JASA PT. PANCA BUDI LOGISTINDO

Yohanes, Yohanes (2019) PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMAKAIAN JASA PT. PANCA BUDI LOGISTINDO. Skripsi thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Buddhi Dharma" not defined].

[img] Text
COVER-BAB III.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana harga dan pelayanan jasa dalam perusahaan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. Untuk mengukur ada tidaknya pengaruh dari harga dan pelayanan jasa terhadap kepuasan konsumen PT. Panca Budi Logistindo, maka penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan analisis linear berganda, analisis koefisien korelasi, menghitung koefisien determinasi serta melakukan uji hipotesis dengan mencari nilai f hitung. Kemudian membandingkan f hitung dengan f tabel, dan mencari nilai t hitung kemudian membandingkan t hitung dengan t table. Hasil analisa didapat dengan rincian sebagai berikut : Dari hasil analisa regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 5.402 + 0.431 X1 + 0.405 X2 artinya bila terdapat peningkatan atau penurunan harga sebesar 1 poin, maka kepuasan konsumen akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0.431 dan bila terdapat peningkatan atau penurunan pelayanan jasa sebesar 1 poin, maka keputusan pembelian akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0.405. Dari hasil analisa pengaruh harga dan pelayanan jasa terhadap kepuasan konsumen, diketahui bahwa harga mempunyai korelasi positif dan cukup kuat terhadap kepuasan konsumen yaitu sebesar 0.489 dan pelayanan jasa juga mempunyai kolerasi yang positif dan cukup kuat terhadap kepuasan konsumen sebesar 0.572. Hasil koefisien determinasi antara harga dan pelayanan jasa terhadap keputusan kepuasan konsumen, diperoleh sebesar 48.9% harga dapat mempengaruhi kepuasan konsumen sedangkan sisanya sebesar 51.1% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan pelayanan jasa mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 57.2% dan sisanya sebesar 42.8% dipengaruhi oleh faktor lain. Bedasarkan hasil uji hipotesis diperoleh f hitung untuk harga sebesar 93.796 dengan f tabel 3.09 dan untuk f hitung pelayanan jasa sebesar 64.948 dengan f tabel sebesar yang diperoleh dari f tabel distribusi. Dengan demikian Ho ditolak pada tingkat kesalahan 5% dan Ha di terima pada tingkat keyakinan 95% karena f hitung lebih besar dari f tabel. Artinya terdapat hubungan antara harga dan pelayanan jasa terhadap kepuasan konsumen. Bedasarkan hasil uji hipotesis diperoleh t hitung untuk harga sebesar 5.253 dan untuk pelayanan jasa diperoleh t hitung sebesar 4.351 dimana untuk t tabel sebesar 1.986 yang diperoleh dari t tabel distribusi t untuk derajat kebebasan (Degree of Freedom (DF)) 100 – 6 = 94 dan level signifikan = 0.05 (t hitung > t tabel), berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara harga dan pelayanan jasa terhadap kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Pelayanan Jasa, dan Kepuasan Konsumen.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.83 Riset Penelitian Pemasaran > 658.83 Analisis Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.8 Marketing
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.8342 Perilaku Konsumen
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.82 Promosi Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.80072 Statistik Pemasaran
Divisions: Fakultas Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Iskandar Iskandar
Date Deposited: 31 Aug 2022 12:32
Last Modified: 31 Aug 2022 12:32
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/1188

Actions (login required)

View Item View Item