PENGARUH MOTIVASI DAN PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA DHARMA PUTRA TANGERANG

Marcella, Marcella (2020) PENGARUH MOTIVASI DAN PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA DHARMA PUTRA TANGERANG. Bachelor thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
Skripsi Full Bab I-V Marcella 20160500170 pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan pendidikan terhadap kinerja guru di SMA Dharma Putra Tangerang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 25. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dimana metode ini dapat mendeskripsikan nilai satu maupun lebih dari variabel secara mandiri. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi, serta uji t dan uji F untuk membuktikan hipotesis penelitian. Dari hasil pengolahan data, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y=11,594 + 0,394 X1+ 0,347 X2 yang berarti koefisien regresi sebesar 0,394 menyatakan bahwa setiap peningkatan atau penurunan motivasi ( X1) sebesar 1 poin, maka kinerja guru (Y) akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,394. Sedangkan, koefisien regresi sebesar 0,347 menyatakan bahwa setiap peningkatan atau penurunan pendidikan (X2) sebesar 1 poin, maka kinerja guru (Y) akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,347. Selain itu, dari hasil analisis koefisien korelasi diperoleh hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat, pada penelitian ini diperoleh nilai korelasi Motivasi sebesar 28,8% dan sisanya 71,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Nilai korelasi Pendidikan sebesar 39,9% dan sisanya 60,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat diperoleh thitung untuk Motivasi ( X1) sebesar 2,705 dan thitung untuk Pendidikan (X2) sebesar 2,434 dengan ttabel sebesar 2,03452 yang diperoleh dari nilai distribusi tabel t untuk df=35-2=33 dengan tingkat kesalahan sebesar 5%. Sehingga dapat disimpulkan H₀ ditolak dan Ha diterima, karena thitung > ttabel. Sedangkan dari hasil uji F diperoleh nilai Fhitung untuk Motivasi sebesar 13,342 dengan tingkat signifikan 0,001 dan Fhitung untuk Pendidikan sebesar 10,628 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 dimana nilai tersebut lebih besar dari Ftabel sebesar 3,29. Dengan demikian H₀ ditolak dan Ha diterima, karena Fhitung > Ftabel dan tingkat signifikan lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.31 Bagian Manajemen SDM > 658.31 Pendidikan dan Training Karyawan
Divisions: Fakultas Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Iskandar Iskandar
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:45
Last Modified: 03 Mar 2023 04:16
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item