PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), INTELLECTUAL CAPITAL (IC), DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2022)

Gunawan, Anastacia Swastika Dharma (2024) PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), INTELLECTUAL CAPITAL (IC), DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2022). Skripsi thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
cover-bab3.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
bab5-lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Nilai Perusahaan merupakan suatu kondisi yang dicapai perusahaan sebagai bukti dari kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan yang sering kali dikaitkan dengan harga saham perusahaan tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan institusional, corporate social responsibility, intellectual capital, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktor sektor food and beverage yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2022. Data diperoleh dengan menggunakan data sekunder, dengan metode purposive sampling, terdapat 16 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk pengambilan sampel data. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji statistik, dan uji hipotesis. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah bahwa kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal tersebut dikarenakan nilai signifikan sebesar 0,005 < 0,05. Kemudian, corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal tersebut dikarenakan nilai signifikan sebesar 0,012 < 0,05. Sedangkan intellectual capital tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal tersebut dikarenakan nilai signifikan sebesar 0,647 > 0,05. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal tersebut dikarenakan nilai signifikan sebesar 0,276 > 0,05. Secara simultan, kepemilikan institusional, corporate social responsibility, intellectual capital, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan karena nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Institusional, Corporate Social Responsibility, Intellectual Capital, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.1511 Akuntansi Manajemen > 658.1511 Akuntansi Manajerial
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 657 Akuntansi > 651.662 Akuntansi Perusahaan, Privat dan Swasta
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.306 Evaluasi dan Penilaian Kerja
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.15 Akuisisi Perusahaan
Divisions: Fakultas Bisnis > Akuntansi (S1)
Depositing User: Mayang Farha
Date Deposited: 02 May 2025 04:18
Last Modified: 02 May 2025 04:18
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2604

Actions (login required)

View Item View Item