INTEGRASI SERVQUAL, KANO MODEL, DAN KANSEI ENGINEERING UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN DISTRIBUSI ALAT KESEHATAN UROLOGI

Jutriano, Juan and Abidin, Abidin (2023) INTEGRASI SERVQUAL, KANO MODEL, DAN KANSEI ENGINEERING UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN DISTRIBUSI ALAT KESEHATAN UROLOGI. INTEGRASI SERVQUAL, KANO MODEL, DAN KANSEI ENGINEERING UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN DISTRIBUSI ALAT KESEHATAN UROLOGI, 2 (12). pp. 1458-1466. ISSN 2962-4584

[img] Text
Integrasi Servqual Kano Model Dan Kansei Engineering Untuk Peningkatan Kualitas Layanan Distribusi Alat Kesehatan Urologi.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text
Turnitin_ INTEGRASI SERVQUAL, KANO MODEL, DAN KANSEI ENGINEERING UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN DISTRIBUSI ALAT KESEHATAN UROLOGI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Kualitas layanan merupakan prioritas penting bagi perusahaan di tengah perkembangan dan persaingan bisnis yang semakin ketat. Perusahaan jasa layanan pendistribusian barang diharapkan mampu meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan dalam persaingan. PT. Sinar Mulia Indomedika adalah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi alat kesehatan khususnya pada bidang urologi. Penelitian ini menggunakan metode servqual, kano model, dan kansei engineering. Ketiga motode tersebut dapat membantu memberikan kebutuhan pelanggan melalui pengukuran distribusi alat kesehatan yang diterima. Pada tahapan metode servqual didapatkan seluruh nilai gap semua atribut layanan yang diukur. Atribut layanan yang diukur menghasilkan nilai gap positif dan negatif, untuk pengidentifikasian atribut layanan lebih lanjut digunakan metode kano model. Berdasarkan pengkategorian evaluasi kano model, identifikasi atribut layanan yang diperbaiki serta ditingkatkan hanya kategori attractive dan one dimensional. Proses identifikasi atribut layanan dilanjutkan dengan mengetahui nilai emosional pelanggan dengan metode kansei engineering dengan dibantu indikator kansei words di dalamnya. Kansei words yang paling memiliki pengaruh besar terhadap atribut layanan adalah “Membantu” dengan signifikansi 54,17%. Usulan rekomendasi didapatkan dari hasil wawancara dengan rumah sakit yang memiliki pengaruh distribusi alat kesehatan terbesar ke perusahaan. Usulan tersebut adalah perusahaan dapat lebih fleksibel membantu kebutuhan rumah sakit dan regulasi baru yang dapat menyesuaikan waktu distribusi alat kesehatan ke rumah sakit.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Distribusi, Kualitas Layanan, Kano Model, Kansei Engineering, Servqual
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 620 Ilmu Teknik > 620.004 Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan
Universitas Buddhi Dharma > Fakultas Sains & Teknologi > Teknik Industri > 620 Ilmu Teknik > 620.004 Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan
Divisions: Dewey Decimal Classification 23 > 600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 620 Ilmu Teknik > 620.004 Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan
Fakultas Sains & Teknologi > Teknik Industri > 620 Ilmu Teknik > 620.004 Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan
Depositing User: Muhamad Kemal Prasetyo
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:38
Last Modified: 19 Aug 2024 08:21
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/2296

Actions (login required)

View Item View Item