REPRESENTASI PESAN MORAL PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIUM PROMOSI DALAM FILM “CHEF”

Manggol, Oktaviani Chonchyta (2022) REPRESENTASI PESAN MORAL PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIUM PROMOSI DALAM FILM “CHEF”. Bachelor thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini meninjau sebuah film, yang merupakan bagian dari komunikasi dan menjadi salah satu bagian dari medium penyampai pesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi pesan moral dalam film Chef menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Semiotika Charles Sanders Peirce. Teori ini membagi tanda atau representamen berdasarkan segitiga makna, meliputi tanda (sign), objek (object), dan interpretan (interpretant). Representasi diperlihatkan melalui visualisasi dalam adegan, meliputi teks dan dialog tokoh, latar, suasana yang digambarkan, serta audio. Penulis melalui penelitian ini ingin mengetahui bagaimana moralitas terkait penggunaan media sosial sebagai medium promosi bisnis, apa saja yang harus diperhatikan ketika menyajikan informasi pengenalan produk kepada calon konsumen melalui media sosial. Pengamatan dan dokumentasi dilakukan dengan menonton film Chef, kemudian setiap adegan yang menampilkan pesan moral yang terdapat film ini akan dipilih dan dianalisis berdasarkan Semiotika Peirce. Setelah itu tanda yang didapat akan digabungkan bersama data-data yang diperoleh melalui studi pustaka. Hasil penelitian ini menemukan beberapa pesan moral yang terlihat dalam film Chef, antara lain: komunikatif, kejujuran, keramahan, dan tidak melakukan penjiplakan pada saat mengunggah gambar dan video melalui media sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pesan Moral, Sosial Media, Promosi, Semiotika Charles Sanders Peirce, Film Chef.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.82 Promosi Pemasaran
Divisions: Fakultas Sosial & Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Iskandar Iskandar
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:05
Last Modified: 14 Mar 2023 07:52
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/1417

Actions (login required)

View Item View Item