PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, PERENCANAAN PAJAK, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2020)

Kristina, Tini (2022) PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, PERENCANAAN PAJAK, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2020). Bachelor thesis, Universitas Buddhi Dharma.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (15MB)

Abstract

Manajemen laba merupakan masalah yang sering terjadi di perusahaan dan salah satu upaya perusahaan untuk membuat akun keuangan mereka tampak menarik dengan menyajikannya dengan cara tertentu. Laba menunjukkan bahwa bisnis telah dilakukan dengan baik. Oleh karena itu, manajemen berusaha untuk memenuhi tujuan laba agar dapat memperoleh laba dari apa yang telah dilakukannya. Hal ini menyebabkan tindakan manajemen laba yang dilakukan oleh manajemen untuk menarik investor untuk kepetingan pribadi manajemen. Ada berbagai kasus manajemen laba yang terjadi di Negara ini dan meyebabkan kerugian bagi pihak yang membutuhkan laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pertumbuhan penjualan, perencanaan pajak, ukuran bisnis dan leverage terhadap manajemen laba. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur di sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2020. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 26 perusahaan manufaktur sub sektor manakan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode pengambilan sampel adalah purpose samling dan didapat sampel 11 perusahaan manufaktur berdasarkan kriteria terpilih, sehingga diperoleh 44 laporan keuangan sebagai observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan untuk pengolahn data menggunakan SPSS Versi 24. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan menunjukan bahwa Pertumbuhan Penjualan berpengaruh pada manajemen laba dengan nilai signifikansi 0,010, Perencanaan Pajak tidak berpengaruh dengan nilai signifikansi sebesar 0,869, Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh dengan nilai signifikansi 0,519 dan Leverage tidak berpengaruh dengan nilai signifikansi 0,191. Dan Pertumbuhan Penjualan, Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan dan Leverage berpengaruh simultan terhadap Manajemen Laba dengan nilai signifikan 0.023.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Penjualan, Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan, Leverage, Manajemen Laba
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 658 Manajemen Umum > 658.1511 Akuntansi Manajemen > 658.1511 Akuntansi Manajerial
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 657 Akuntansi > 657.46 Akuntansi Perpajakan
600 Teknologi dan Ilmu Terapan (Bisnis) > 657 Akuntansi > 651.662 Akuntansi Perusahaan, Privat dan Swasta
Divisions: Fakultas Bisnis > Akuntansi (S1)
Depositing User: Iskandar Iskandar
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:10
Last Modified: 14 Mar 2023 07:39
URI: https://repositori.buddhidharma.ac.id//id/eprint/1282

Actions (login required)

View Item View Item